Hutan Taman Aktif

Diposting oleh Admin | 21.53

Menurut Ghofar Rozaq Nazila, Dirut PT Relife Realty Indonesia, terdapat keunikan dari konsep "Forest Park Residence" yang diterapkan di proyek GreenLand (4 Ha). Keberadaan taman hutan tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru kawasan namun juga sebagai sarana interaksi seluruh penghuni perumahan.

Forest Park akan berfungsi sebagai taman hutan aktif karena didalamnya akan dibangun fasilitas super lengkap seperti masjid, kolam renang, lapangan tenis dengan konsep ruang ampitheatre, food park, perpustakaan dan taman baca, children playground dan function hall. Hebatnya lagi forest park ini masih akan dikelilingi oleh green belt (sabuk hijau) berupa jogging & bicycle track sepanjang 0.5 km yang terpisah dari lajur kendaraan bermotor. Untuk mengurangi polusi kendaraan bermotor, pengembang mendorong penghuninya untuk menggunakan sepeda yang tersedia untuk mengakses seluruh fasilitas yang ada diperumahan.

Upaya developer untuk menerapkan konsep green development lainnya adalah dengan meresapkan air hujan sebanyak-banyaknya ke dalam tanah. Setiap unit rumah akan memiliki 1 buah sumur resapan yang menampung air hujan yang jatuh keatap. Air hujan yang tidak tertampung (over flow) dialirkan ke resapan berikutnya yang melayani setiap dua unit rumah terdekat. Jika masih tidak tertampung, selanjutnya air akan dialirkan ke kanal resapan lingkungan yang dibuat di bawah jalan. Baru setelah kanal resapan tidak mampu menampung, air hujan akan dialirkan ke selokan dan sungai. Melalui upaya ini diharapkan GreenLand mampu mengurangi limpahan air ke lokasi yang lebih rendah sekaligus menambah cadangan air di kawasan. Untuk menambah area resapan, pengembang menggunakan paving block untuk seluruh perkerasan jalannya.

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi 021 7111 0840

1 komentar
  1. nice 21 Agustus 2009 09.37  

    can we xchange link. add and inform me soon ian waiting